Blog Info pada kesempatan update artikel ini akan sedikit membuka wawasan tentang "Perilaku Pengunjung saat mengunjungi blog", yang mungkin hal ini dapat menjadi bahan introspeksi diri bagi kita blogger-blogger pemula dalam rangka berupaya untuk mengembangkan sekaligus mempopuler blog yang telah kita bangun dan sedang kita kelola dengan berbagai macam usaha dan pengorbanan. Satu pola pikir penting yang harus selalu kita tanamkan adalah "Blog yang kita miliki tentu saja tidak akan ada artinya tanpa adanya pengunjung blog", dan oleh karenanya kita wajib untuk selalu melakukan pembenahan-pembenahan terhadap beberapa komponen blog yang penting.
Saya pernah membaca sebuah istilah "website eyetracking" yang merupakan sebuah istilah bagi kita untuk dapat mengetahui bagian-bagian mana saja dari situs atau blog yang paling banyak menyedot perhatian pengunjung. Pada umumnya bagian atas atau header blog selalu menjadi area strategis untuk menarik perhatian pengunjung. Keuntungannya bagi kita adalah dalam rangka mengambil keputusan tentang bagian-bagian layout blog yang akan ditonjolkan dan mana yang kurang potensial untuk dimaksimalkan.
1. Layout (tata letak) website atau blog.
Sejalan dengan konsep area strategis yang paling banyak menyedot perhatian pengunjung, maka bagian atas atau awalan sebuah website atau blog perlu untuk mendapatkan perhatian lebih. Menu Navigasi adalah merupakan hal utama yang harus kita perhatikan, segala sesuatu yang terpenting dalam sebuah website atau blog hendaknya diletakkan di bagian ini. Kebanyakan pengunjung blog sudah merasa nyaman bilamana Menu Navigasi yang terletak di bagian atas ini telah representatif mencerminkan keseluruhan isi website atau blog yang bersangkutan.
Meskipun telah ada menu Searching atau Fitur Pencarian, namun pada dasarnya kebanyakan pengunjung blog enggan untuk mempergunakan fasilitas tersebut dengan berbagai alasan, dan mereka lebih suka untuk mengaksesnya lewat Menu Navigasi. Faktor inilah yang perlu kita pertimbangkan untuk memperlama waktu berkunjung mereka.
2. Tulisan atau Gambar Postingan.
Esensi dasar sebuah website atau blog adalah konten atau postingan yang original dan berkualitas, yang dalam hal ini dapat dimanifestasikan baik dalam bentuk tulisan maupun gambar postingan blog. Sebagian situs mungkin saja lebih fokus kepada materi tulisan untuk menjelaskan sesuatu hal, namun ada pula situs-situs yang lebih mengoptimalkan gambar-gambar postingan semacam Flickr, Pinterest dan lain-lain. Namun bilamana kita berfokus pada sebuah situs yang informatif, pada faktanya informasi dalam bentuk tulisan akan lebih banyak diminati dibandingkan dalam bentuk gambar. Tulisan lebih dianggap sebagai media penyampaian informasi yang lebih akurat dibandingkan dalam bentuk gambar.
Fakta berikutnya adalah, pengunjung blog akan lebih terkesan dengan postingan blog dalam bentuk tulisan yang tidak terlalu panjang, namun dapat menjelasakan topik bahasan secara lebih gamblang dan sistematis. Pemilihan jenis font yang terlalu aneh justru akan lebih menyulitkan pembaca, oleh karenanya pilihan font standart berbentuk Arial atau Calibri merupakan pilihan yang bijaksana.
3. Penempatan Banner Iklan di blog.
Tidak dapat dipungkiri bahwa pemasangan banner iklan (bagi sebagian blogger) memberikan penghasilan tersendiri dari aktivitas bloggingnya. Namun faktor kenyamanan pengunjung blog dalam hal ini juga harus diperhatikan, letakkan banner iklan di tempat-tempat yang tidak menutup tampilan konten blog. Model-model pop-up banner iklan yang muncul di saat-saat tertentu, hendaknya tidak perlu kita pergunakan, karena dalam berbagai kasus hal ini dapat mengganggu kenyamanan pengunjung blog, dan bisa jadi akan membuat pengunjung merasa jengkel dan kemudian akan pergi meninggalkan situs atau blog tersebut begitu saja serta menjadi enggan untuk datang kembali.
Demikianlah uraian Blog Info tentang Perilaku Pengunjung saat mengunjungi blog, semoga bermanfaat buat kita semua.
Silahkan berkomentar demi perkembangan Blog Info 01 ini, berkomentarlah dengan sopan, jagalah sopan santun dan image Blogger yang Positif.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.