logo blog
Selamat Datang Di Blog Info 01
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Blog Info 01 ini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Pilar-Pilar Strategi SEO tahun 2015

Blog Info, pada tulisan sederhana kali ini ingin mencoba berbagi pemikiran tentang "Pilar-Pilar Strategi SEO tahun 2015", yang bisa jadi merupakan buah pikiran setelah membaca sekaligus mempelajari dan bereksperimen dengan beberapa blog yang lain (yang telah lebih dahulu launch di internet). Pilar-pilar strategi SEO ini aku tuliskan dengan asumsi sebuah situs atau blog telah mempergunakan model Responsive Template sebagai senjata awalnya. Hal ini merupakan prasyarat utama berkaitan dengan telah berlakunya algoritma Google MobileGeddon per tanggal 21 April 2015 yang lalu. Syarat yang kedua, tentu saja berkaitan dengan kualitas konten atau postingan blog, yang secara ideal mengharuskan kita untuk menuangkan sesuatu yang fresh dan berkualitas (baik di mata search engine maupun di mata pengunjung blog). Intinya, pilar-pilar strategi SEO ini nantinya hanya sebagai sebuah "mesin pendorong" dari bangunan blog yang memang telah benar-benar bagus untuk didorong.

Blog Info, SEO Banner
 
SEO OnPage sebagai pilar pertama.

Dalam artikel yang terdahulu telah pernah penulis singgung tentang SEO (search engine optimization) ini, dan artikel ini pada dasarnya hanya berupa perkembangannya saja dan sedikit hal tentang praktek yang dapat kita terapkan. Search engine optimization ini pada dasarnya dibedakan ke dalam dua golongan besar yaitu SEO OnPage dan SEO OffPage, yang mana kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, karena merupakan satu kesatuan aktivitas yang harus dilakukan untuk mengembangkan kualitas maupun popularitas sebuah situs atau blog. Di dalam artikel berikutnya juga telah pernah penulis uraikan tentang praktek-praktek SEO OnPage sedikit lebih lengkap.

Untuk melakukan analisa sejauh mana keberhasilan upaya SEO Onpage ini secara sederhana kita dapat mempergunakan bantuan situs chkme.com, dengan contoh hasil seperti gambar di bawah ini  :

Blog Info, SEO Score

Dari gambar yang tertera di atas menunjukkan bahwa score SEO OnPage Blog Info ini memiliki nilai maksimal 100%. Namun bagi saya, analisa tersebut belumlah cukup, untuk itu saya mempergunakan bantuan Webmaster Google untuk menganalisa kemungkinan terjadinya kesalahan-kesalahan yang lainnya. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Blog Info, Webmaster Score
Tidak ada kesalahan yang terdeteksi oleh Webmaster Google dalam hal ini, dengan demikian optimasi SEO OnPage blog ini cukup maksimal di mata search engine.


Kecepatan Loading Blog sebagai pilar kedua.

Kecepatan loading atau akses halaman blog merupakan faktor yang tidak dapat kita tinggalkan. Sudah barang tentu seorang pengunjung blog tidak akan mau berlama-lama hanya untuk menunggu proses loading atau membuka sebuah halaman blog. Mereka cenderung akan meninggalkan blog yang bersangkutan kemudian akan membuka informasi yang sama pada halaman blog lain yang memiliki kecepatan akses atau loading lebih tinggi/cepat. Untuk memantau kecepatan loading sebuah blog dapat kita gunakan dua tool online, yaitu GTMetrix atau Google PageSpeed Insight. Contoh hasilnya seperti di bawah ini.

Blog Info, Hasil GTMetrix
Hasil analisa dengan GT Metrix


Hasil analisa untuk versi desktop


SEO OffPage (backlink) sebagai pilar ketiga.

Faktor backlink adalah pilar ketiga yang tidak dapat ditinggalkan begitu saja sebagai upaya untuk meningkatkan reputasi sebuah situs atau blog. Sebuah backlink yang berkualitas akan lebih penting daripada 100 backlink yang tidak berkualitas. Backlink yang berkualitas ini akan meningkatkan reputasi sebuah situs atau blog di mata search engine secara umum. Sebuah postingan blog yang berhasil mendapatkan backlink berkualitas dalam jumlah yang banyak, tentu saja akan berpotensi dianggap sebagai postingan yang berkualitas pula. Artinya, isi dari postingan tersebut relatif dibutuhkan atau membawa manfaat tersendiri di mata pengunjung blog. Manfaat yang bagus di mata pengunjung blog, tentu saja akan mempengaruhi search engine untuk mengalihkan pandangannya kepada postingan tersebut.

Selanjutnya, untuk memantau jumlah backlink yang masuk ke situs atau blog yang kita miliki, secara sederhana kita dapat memanfaatkan Webmaster Google, seperti contoh hasil di bawah ini.

Blog Info, Jumlah Backlink

Semakin banyak backlink berkualitas yang berhasil kita dapatkan, hasilnya akan lebih positip di masa mendatang, karena backlink ini tidak akan berdampak instant.


Demikianlah bahasan tentang pilar-pilar SEO di tahun 2015, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Blog Info 01.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar demi perkembangan Blog Info 01 ini, berkomentarlah dengan sopan, jagalah sopan santun dan image Blogger yang Positif.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Blog Info | Blog Info 01 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger